HUT PBB Se-Dunia ke 3. Martin Simamora : PBB Jangan Sombong


Pangkalan Kuras -
Momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemuda Batak Bersatu (PBB) tentunya menjadi peristiwa yang sangat penting bagi seluruh struktural yang ada di Pemuda Batak Bersatu. Perayaan HUT PBB wilayah Kabupaten Pelalawan kali ini dilaksanakan di PAC Pangkalan Kuras sebagai tuan rumah, tepatnya di Gedung Serbaguna atau Aula GPIB Engkolan Sorek Satu. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (15/10/2022) dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Banyak undangan yang hadir dalam acara ulang tahun ini seperti Kapolsek Pangkalan Kuras, Kompol Alwis Saldi, S.H., Kanit. Intel Iptu Deddy Tobing, Danramil 04 Pangkalan Kuras Kapten ARH Simbolon yang diwakilkan oleh Babinsa Serma Jekson Girsang, perwakilan dari PERMATA, Paguyuban Jawa, PERMATA, Rekan sesama Ormas seperti BMI (Banteng Muda Indonesia), BANSER, IPK (Ikatan Pemuda Karya), tokoh-tokoh gereja, tokoh adat (marga-marga) se-Pangkalan Kuras dan lain-lain. Selain itu seluruh perwakilan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting yang ada di Kabupaten Pelalawan juga turut hadir dalam acara ini.

Sekilas mengenai sejarah berdirinya Pemuda Batak Bersatu (www.pemudabatakbersatu.or.id)

Tahun 2018 tepatnya di bulan Maret beberapa rekan-rekan sesama Bangso Batak anak rantau mengadakan pertemuan silahturahmi dan membahas tentang banyaknya permasalahan-permasalahan yang saat ini dialami saudara-saudara kita Bangso batak khususnya anak-anak rantau di bekasi, untuk itu tergeraklah hati, untuk bisa ikut berpartisipasi dalam membantu bangso batak yang ada di bekasi , pada awalnya kami dan beberapa rekan-rekan membentuk sebuah perkumpulan yang kami namai “SAPARSITAONAN” yang berarti “Satu Penderitaan”.

Seiring berjalannya waktu dan banyak kegiatan sosial yang kita lakukan khususnya disesama anggota maupun diluar baik duka maupun suka. Melihat banyaknya animo dan tanggapan postif dari masyarakat Bangso-Bangso batak di Bekasi sekitarnya maka kita mengadakan pertemuan di Ruko Kalimas Blok B No. 26 tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2018. Dimana saat itu kita mengundang beberapa tokoh muda Bangso batak dan akhirnya menyepakati Organisasi ini kita kembangkan dan berubah nama menjadi “Paguyuban Batak Bersatu”.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Paguyuban batak bersatu salah satunya kepedulian Paguyuban Batak Bersatu terhadap Danau Toba dimana pada tanggal 7 September 2019 Kita langsung bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi untuk menyatakan sikap menolak dan menantang adanya wacana “DANAU TOBA SYARIAH” dan hasil pertemuan tersebut Gubernur Sumatera Utara menyampaikan hal itu tidak mungkin dan mangatakan tidak ada niatan sedikitpun untuk menjadikan Danau Toba menjadi Wisata Halal seperti yang berkembang pada saat itu.

Tetapi Kami dari Paguyuban Batak Bersatu dengan tegas menentang dan menolak Wacana itu karena akan menyakiti persaaan banyak Bangso Batak yang ada disekitaran Danau Toba. Banyaknya dukungan Masyarakat Batak terutama di daerah Bekasi dan beberapa daerah lain seperti Cikarang, Depok, Tangerang, Purwakarta, Sukabumi, Serdang Bedagai, Pematang Siantar akhirnya mendorong Pengurus Paguyuban Batak Bersatu untuk melegalitaskan Perkumpulan ini.

Tepatnya pada tanggal 08 Oktober 2019 disahkanlah Akte Pendirian ini dengan nama “PEMUDA BATAK BERSATU”. Beberapa alasan mengapa berubah nama menjadi Pemuda Batak Bersatu adalah adanya niatan dari seluruh Pendiri, Pengurus dan Anggota bahwa perkumpulan ini bisa berkembang diseluruh tanah air yang mempunyai harapan adanya persatuan Pemuda Batak di Indonesia berskala Nasional. Sampai dengan saat ini Pemuda Batak Bersatu telah mengembangkan di beberapa Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan/Desa yang ada di Indonesia. (End)


Kegiatan yang dilakukan di Aula GPIB ini berlangsung dengan kondusif hingga selesai. Dalam sambutannya secara ringkas ketua DPD PBB Prov. Riau, Martin Simamora, S.H., M.H. mengatakan "PBB dalam usianya yang sekarang tentu telah cukup banyak memberikan kontribusi dalam statusnya di tengah-tengah masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Pelalawan ini. Baik dalam kesinergitasan dengan pihak-pihak lain seperti aparatur pemerintah, POLRI, TNI dan Ormas-ormas lainnya. Visi misi sosial dari PBB harus tetap dilakukan dengan konsisten. Maka untuk itu PBB jangan sombong dan harus bisa menjaga predikat baik itu dengan konsisten. Untuk itu mari rekan-rekan sekalian, tetap semangat dan melakukannya dengan iklas dan lapang dada".

Dok. MPP (Ketua PAC Pangkalan Kuras dalam sambutannya)


Di lokasi yang sama, ketua PAC Kecamatan Pangkalan Kuras, Porman LM. Tobing sebelumnya juga mengatakan "Terima kasih kepada DPC PBB Kabupaten Pelalawan dan atas kepercayaan rekan-rekan dari seluruh PAC se- Pelalawan yang telah memberikan kesempatan kepada kami sehingga acara ini dapat berlangsung hari ini. Ini adalah acara Pemuda Batak Bersatu se-Dunia, bukan acara khusus kami dari Pangkalan Kuras untuk itu mari kita jaga nama baik PBB agar tetap dipandang dan dirasakan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat".


Posting Komentar untuk "HUT PBB Se-Dunia ke 3. Martin Simamora : PBB Jangan Sombong"