Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Pemuda Batak Bersatu turut ambil peran penting dalam FPK Kecamatan Pangkalan Kuras

   


   Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari Kebhinekaan Ras, Suku dan Agama yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Keanekaragaman ini merupakan ciri khas Bangsa Indonesia. Kebhinekaan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan Berbangsa dan Bernegara di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai konflik vertikal maupun horizontal disebabkan oleh latar belakang permasalahan Ras, Suku, Budaya dan Agama yang dapat mengancam Integritas Nasional. 

Ketua FPK Terpilih (No. 4 dari Kanan) Iptu Turmin, Wakil Ketua (No. 5 dari Kanan) Masli dan Sekretaris (No. 6 dari Kanan) Porman Luhut Maruli Lumban Tobing

   Pemuda Batak Bersatu dalam eksistensinya sebagai salah satu Ormas yang memiliki SK pendirian secara resmi dari KEMENKUMHAM dengan SK.NO.AHU-00110985.AH-01.07 Tahun 2019 adalah salah satu organisasi yang bergerak dibidang sosial dengan menjunjung empat pilar yakni Solidaritas, Toleransi, Rukun dan Gotong Royong. Dalam hal ini, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pangkalan Kuras juga turut serta mendukung persatuan dan kesatuan bangsa dengan turut berpartisipasi dalam Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK).

   Keterlibatan Pemuda Batak Bersatu, PAC Pangkalan Kuras dengan terpilihnya Ketua PAC Pangkalan Kuras, Porman Luhut Maruli Lumban Tobing sebagai sekretaris FPK Kecamatan Pangkalan Kuras periode 2022-2025 adalah suatu kebanggaan bagi Pemuda Batak Bersatu khususnya wilayah Kecamatan Pangkalan Kuras. Disisi lain Ketua FPK Kecamatan Pangkalan Kuras terpilih adalah Sdr. Iptu Turmin (Ketua Jawa Pamitran) dan Wakil Ketua FPK adalah Sdr. Masli (Paguyuban Melayu). Pemilihan ini dilakukan pada hari Selasa, 22 Maret 2022 di Gedung Aula Kecamatan Pangkalan Kuras dimana kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Pangkalan Kuras, Kapolsek Pangkalan Kuras dan Danramil 04 Pangkalan Kuras serta pihak-pihak terkait lainnya.



   FPK sebagai wadah aspirasi masyarakat Pangkalan Kuras dibentuk dengan melibatkan suku-suku yang ada di Kecamatan Pangkalan Kuras sebagai anggota yang mengurus dan melaksanakan kegiatan FPK. Kelompok adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya dan saling berinteraksi. Interaksi bertujuan untuk menggabungkan pendapat dan pemikiran yang berkembang diantara personal tersebut.

   Salah satu organisasi yang dijadikan sebagai wadah komunikasi masyarakat atau tempat berdiskusinya para pemuka adat/suku dalam membahas konflik yang berhubungan dengan ras, etnis dan suku bangsa adalah Forum Pembauran Kebangsan (FPK). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah pada Pasal 1 ayat (1) (dalam pedoman Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), 2013:2) menyebutkan bahwa.: “Pembauran Kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selanjutnya pada Pasal 1 Ayat (4) Forum Pembauran Kebangsaan yang disingkat FPK adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.”


Fungsi dan Peran FPK :

   Selanjutnya adapun peran FPK di Kecamatan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah pasal 9 ayat (3) (dalam pedoman Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), 2013:4) mempunyai tugas sebagai berikut:

a. Menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan.

b. Menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.

c. Menyelenggarakan sosialisasi kebijakan berkaitan dengan pembauran kebangsaan.

d. Merumuskan rekomendasi kepada camat sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

   Peran dan tugas FPK tidak lepas dari empat pilar dasar Bernegara yaitu Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI yang bertujuan untuk menciptakan iklim yang kondusif yang menginginkan adanya perubahan sinergi agar menerima kemajemukan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anggota FPK yang mempunyai peran masing-masing dalam melaksanakan berjalannya kegiatan yang ada di dalam Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).




Kabid. MPP PAC Pangkalan Kuras

W. Manullang

Posting Komentar untuk "Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Pemuda Batak Bersatu turut ambil peran penting dalam FPK Kecamatan Pangkalan Kuras"